Rabu, 18 Maret 2015

solusi bagi yang belum bisa login ke aplikasi SIM PKG

Penilaian Kinerja Guru (PKG) masih menjadi topik hangat saat ini di kalangan sekolah. Sekolah masih sibuk mempersiapkan berkas PKG yang akan dientri oleh Bapak/Ibu Pengawas ke aplikasi SIM PKG. Karena baru pertama kali maka banyak kendala yang ditemui. Ada sekolah yang tiba-tiba menghilang dari sistem Dapodik. Ada pula yang belum bisa login ke aplikasi SIM PKG sampai mummet. Sampai tulisan ini dipublikasikan Bapak/Ibu Pengawas SD yang baru juga masih belum dapat login ke aplikasi SIM PKG padahal data sekolah binaan sudah dimasukkan melalui aplikasi SIM Tunjangan Profesi. Setelah ditelusuri ternyata ada beberapa hal yang memungkinkan menjadi penyebab akun SIM PKG Bapak/Ibu Pengawas yang baru belum bisa aktif sebagai berikut.
1. Setelah terjadi pergantian status berkenaan promosi dari KS ke pengawas sekolah, belum sempat melakukan mutasi pada sistem aplikasi Dapodik melalui operator di sekolah masing-masing.
2. Akibat belum melaksanakan mutasi maka nama-nama Bapak/Ibu Pengawas yang baru belum terhapus dari sekolah asal masing-masing dengan status KS. Contoh Pak Sudiharjo masih tertulis sebagai KS binaan Bu Mujiasih, Pak Sukemi masih tertulis sebagai KS binaan Pak Sumidi, bisa jadi Bu Al tertulis masih sebagai KS SD Pelem yang sekarang menjadi binaan Bu Al sendiri.
Solusi yang perlu segera dilakukan Bapak/Ibu Pengawas yang baru adalah:
1. Segera menghubungi operator Dapodik di SD asal masing-masing (SD tempat bekerja sebelum diangkat menjadi pengawas) untuk memastikan apakah nama Bapak/Ibu masih terdaftar di SD tersebut / tidak.
2. Jika nama Bapak/Ibu masih terdaftar di SD masing-masing maka perlu dilakukan proses mutasi melalui menu / fasilitas yang ada pada aplikasi Dapodik lewat operator Dapodik sekolah dan ikuti prosedur yang ditentukan.
3. Jika mutasi sudah dilakukan sesuai prosedur yang semestinya, masih ada kemungkinan tidak serta merta langsung bisa login ke SIM PKG karena masih perlu menunggu proses update data selesai di mana hal ini sangat tergantung dengan kecepatan internet masing-masing.
4. Jika sampai beberapa hari kasus Anda masih berlanjut silahkan hubungi operator Dapodik di Dinas Dikdas dan selamat bekerja untuk langkah selanjutnya jika sudah bisa login ke SIM PKG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar