Kamis, 30 April 2015

info.. info.. info..

A. Undangan dari Sekretariat Daerah Kab.Bantul
Kepada: Pengawas SD (semua)
Mengharap kehadiran Bapak/Ibu/Sdr pada:
Hari: Sabtu, 2 Mei 2015
Pukul: 07.30 WIB
Tempat: Lapangan Paseban Bantul
Acara: Upacara Bendera Peringatan Hardiknas Kab.Bantul
Pakaian: KORPRI

B. Undangan Dari Dinas Pendidikan Dasar 
Kepada: Pengawas SD (semua) dan KS (Sekolah Calon Akreditasi)
Mengharap kehadiran Bapak/Ibu/Sdr pada:
Hari: Sabtu, 2 Mei 2015
Pukul: 09.00 WIB
Tempat: Gedung Petemuan Sekolah / Pengawas Disdikdas Kab.Bantul
Acara: Pembinaan Akreditasi

C. Undangan Dari Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal 
Kepada: Pengawas SD (semua)
Mengharap kehadiran Bapak/Ibu/Sdr pada:
Hari: Sabtu, 2 Mei 2015
Pukul: 19.00 WIB
Tempat: Aula Komplek II Pemda Bantul, Manding Trirenggo, Bantul
Acara: Sarasehan dan Wayangan dalam rangka Peringatan Hardiknas tahun 2015
Pakaian: Dinas / Kepsek Busana Jawa. Tamu Undangan: Batik / Busana Jawa.

D. Jadwal Kegiatan Pemilihan Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi
Hari ke 1: Rabu, 13 Mei 2015 bertempat di Ruang Rapat Pengawas Disdikdas Kab.Bantul
Acara: Tes tertulis materi Kompetensi Guru/KS.
Hari ke 2:  Jumat, 15 Mei 2015 bertempat di Ruang Rapat Pengawas dan Ruang Rapat Dikdas.
Acara: Presentasi Karya Ilmiah dan Wawancara. Setiap Peserta presentasi selama 15 menit. Wawancara tentang isi presentasi dan kompetensi guru/KS selama 10 menit.

E. Ralat Pelaksanaan Lomba Mengajar Berbasis Kearifan Lokal dan Hak-hak Anak
Kegiatan ini pada awalnya direncanakan pada tanggal 11 dan 12 Mei 2015. Dikarenakan berbenturan dengan berbagai kegiatan Dinas lainnya maka kegiatan ditunda pada hari Senin dan Selasa tanggal 25 dan 26 Mei 2015.

F. Informasi PAK Dasar Konversi
Menindaklanjuti terbitnya PAK Dasar Konversi dari BKD Bantul mohon diinformasikan kepada PNS (Kepala Sekolah/Guru) bagi yang telah menerima PAK Dasar Konversi agar dicek dan jika terdapat kesalahan segera untuk diralatkan di BKD Kab. Bantul. Dan bagi yang belum menerima dimohon menunggu.

Sabtu, 18 April 2015

Undangan Pendampingan In Service 2 Program proDEP

Undangan Pendampingan In Service 2 Program proDEP *)

Kepada :
1.Dra,Tri Endang Sindarti
2.Tutik Saptiningsih, M.Pd
3.Drs. Pagi Nurwanto, M.Pd
4.Triyono, S.Pd
5.Mujiasih, M.Pd
6.Bambang Wahyuni, M.Pd
7.Mulyanto,M.Pd

Hari/tanggal: Senin s.d Rabu, 20 s.d. 22 April 2015
Pembukaan: Senin, 20 April pukul 09.00 WIB
Chek in: Senin, 20 April 2015 pukul 07.30 WIB
Tempat: LPMP D.I. Yogyakarta. Jl. Tirtomartani Kalasan Sleman


Persyaratan dan kelengkapan peserta:
1. Surat Tugas *)
2. Biodata peserta (1 lembar) *)
3. SPPD yang sudah ditanda tangani dan distempel pejabat yang berwenang*)
4. Pas Foto 3x4 cm (3 lembar)
5. Surat Keterangan sehat dari dokter (1 lembar)
6. Peserta pria mengenakan pakaian berdasi dan peserta wanita menyesuaikan
7. Membawa laptop
8. Membawa hasil OJL (rangkap2) baik soft maupun hard copy.

*) dibawa oleh humas KKPS.

Rabu, 15 April 2015

titipan info dari p2d berbasis kearifan lokal dan hak-hak anak

Pokja Pengembang Pendidikan Dasar (P2D) berbasis Kearifan Lokal dan Hak-hak Anak akan melaksanakan beberapa kegiatan lomba bagi siswa dan guru.
Tujuan beberapa kegiatan ini antara lain adalah:
1.Meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pengembangan model pembelajaran Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Hak-hak Anak.
2.Pelestarian sastra / budaya  Jawa
3.Memperkuat rasa cinta terhadap sastra Jawa
4.Memperkuat eksistensi kearifan lokal di Kabupaten Bantul
5.Memberikan pembinaan  etika dan estetika pada guru dan siswa SD/MI  Kabupaten Bantul.
Materi atau petunjuk teknis dapat diunduh dengan cara klik tautan di bawah ini.


Jumat, 10 April 2015

oh oh oh.. entri nilai PKG sampai otak tercuci

Sampai hari ini tema tentang entri nilai PKG masih hangat dalam perbincangan Bapak/Ibu Pengawas Sekolah. Setiap kali bertemu yang dijadikan salam bukan selamat pagi atau selamat siang lagi tetapi "selamat entri nilai dapat berapa orang/berapa sekolah?"
Suatu saat keadaan memang mengasyikkan, seperti yang terjadi pada hari Jumat (03/04) sampai dengan Senin (06/04) pagi, aplikasi SIMPAK modul PKG cukup lancar dan menyenangkan. Dalam keadaan begini rasanya nyaman mengentri nilai PKG sambil mencermati hasil kerja Tim Penilai dalam menilai kinerja guru. Dengan mengentri nilai PKG, pengawas bisa sekaligus mencermati gambaran kinerja guru binaannya.
Namun suasana nyaman tersebut tidak berlangsung lama karena sejak Senin (06/04) siang, aplikasi mulai angin-anginan lagi, susah dibuka, dan akhirnya menghilang sama sekali. Yang muncul hanya tulisan "The service is unavailable" begitu terus.. sampai mimpipun masih terbaca kalimat itu.
Kejadian seperti di atas yang sekarang selalu menghantui pengawas sekolah, sampai ada pengawas yang bercerita bahwa setiap kali membuka aplikasi tetapi kondisinya error perasaan menjadi tidak nyaman, jengkel, marah, dan otak seperti tercuci menjadi tidak normal. Isi normalnya hilang, tergantikan tulisan "The service is unavailable"  "The service is unavailable" "The service is unavailable" ... seperti gambar di atas. Ada pengawas yang mengeluh: "pekerjaan apa ini.. untuk entri nilai PKG saja menggunakan dua versi yang isinya relatif sama".
Versi PADAMU dengan server  yang kuat tetapi ribet validasinya, setelah cetak hasil penilaian harus kembali lagi ke sekolah binaan untuk minta tanda tangan KS yang dinilai, baru diunggah dalam format hasil scan, dan menyerahkan printoutnya ke Dinas. Dokumen nilai PKG mungkin dianggap rawan rekayasa, maka perlu validasi berlapis-lapis, menggunakan hasil scan, printout yang diserahkan ke Dinas, dan menggunakan dua aplikasi dari server yang berbeda. Walaupun langkah ini di atas kertas bisa dianggap sederhana, tetapi dalam pelaksanaannya bagi pengawas yang jarak antar sekolah binaannya mencapai puluhan kilometer memerlukan waktu berhari hari.
Versi SIMPAK lebih sederhana tetapi servernya yang sering lemot dan bikin putus asa. Secara matematis pekerjaan entri nilai PKG versi SIMPAK boleh dikatakan tidak memerlukan waktu lama. Seorang pengawas dengan binaan 100 orang, jika waktu yang diperlukan untuk entri nilai setiap guru 15 menit, maka hanya memerlukan waktu 1.500 menit atau 25 jam. Tidak sampai 2 hari selesai.
Kenyataan yang terjadi saat ini masih ada beberapa pengawas sekolah yang masih bertahan mandiri dengan tugas yang harus dikerjakannya, tidak menyerahkan ke operator sekolah atau jasa entri data berbayar. Mereka memanfaatkan tugas entri nilai PKG untuk meningkatkan keterampilan dalam penguasaan IT, tetapi hasilnya rata-rata memerlukan waktu yang lama dengan berbagai kendala untuk menyelesaikan tugasnya, bahkan masih ada pengawas yang sampai hari ini masih kesulitan akses SIMPAK karena kondisi geografis tidak bisa terhubung dengan jaringan internet yang mempunyai kecepatan memadahi. 
Dalam standar pelayanan minimal pengawas dituntut minimal dalam satu bulan harus mengunjungi semua sekolah binaan rata-rata 3 jam. Untuk bulan Maret dan April ini kemungkinan banyak yang tidak terpenuhi, karena untuk memenuhi tuntutan dari "dua web bersaudara" itu saja sampai harus lembur-lemburpun belum selesai.

info-info

A. Undangan Sosialisasi Tunjangan Profesi Guru.
Hari Senin, 13 April 2015. Jam 07.30 sd 09.00. Di Gedung Pertemuan Komplek II Pemda Bantul
Kepada semua Pengawas. Undangan sudah beredar sejak Jumat pagi (10/04). Jika Bapak/Ibu belum menerima undangan mungkin masih dibawa teman / ada beberapa undangan yang masih berada di filing cabinet ruang pengawas SD laci ke dua dari atas bisa diambil setiap saat:

No. Nama No.Absensi
1 SUDIHARJO, S.Pd. 203
2 SURADIYO, S. Pd.  206
3 Drs. SUHARDIYANTO 208
4 AGUS SUHARYANTO, S.Pd 166
5 MUGIRAH, S.Pd 184
6 SARTANA, M.Pd. 197
7 SUHARDI, M.Pd 207
8 Drs. JOKO PRASETYO, M.Pd. 180
9 Drs. SUGITO 205
10 Dra. SRI SUDARMI 200
11 Dra. NGATINI 189
12 Drs. NUR ROHADI 190

B. Undangan Rapat Koordinasi Narasumber Fasda Sosialisasi SPM.
Hari Senin, 13 April 2015, Jam 09.00 sd. selesai. Di ruang SPM Dikdas (dulu ruang was SMP). Kepada Pengawas yang telah ikut TOT. Undangan yang belum terambil masih di filing cabinet:
1. Sartono, M.Pd
2. Dra. Sri Sudarmi.

C. Pertemuan KKPS April 2015 direncanakan pada hari Rabu 15 April 2015. Jam 11.00 sd selesai. Di Gedung Pertemuan Sekolah (Gedung Pengawas). Kepada semua Pengawas untuk tidak mengadendakan kegiatan lain.

D, Undangan Pendamping In Servis 2 Program ProDEP.
Hari Senin sd Rabu, 20 sd 22 April 2015. Di LPMP Yogyakarta. Kepada Pengawas Pendamping ProDEP:
1. Tri Endang Sindarti
2. Tutik Saptiningsih
3. Pagi Nurwantto
4, Triyono
5. Mujiasih.
6. Bambang Wahyuni
7. Mulyanto
Undangan masih dibawa humas KKPS untuk dimintakan surat tugas dan tanda tangan SPPD.