Senin, 23 Maret 2015

sabar-sabarlah wahai para petugas entri data pkg..!

Tulisan di samping ini akan selalu muncul jika Anda membuka SIM PKG baik yang dengan ending :9000 maupun :9001 sejak Senin dini hari sampai tulisan ini dimuat masih sama. 
Penulis jadi ingat yang dialami oleh para operator sekolah pada tahun-tahun berlalu. Mereka sering mengeluh karena harus mengentri bermacam-macam data yang dibatasi waktu. Mereka ditugasi oleh Kepala Sekolah untuk mengentri data tetapi data yang harus dientri belum tersedia harus mencari ke sana kemari. Setelah data terkumpul mereka bingung sendiri karena fasilitas internet sekolah rata-rata tidak punya. Akhirnya ambil inisiatif dikerjakan di rumah dengan paket modem seluler seadanya milik pribadi sang operator. Sampai hampir tidak tidur mereka  karena kecepatan internet yang pas-pasan lambat banget untuk melakukan sinkronisasi. Akhirnya data yang terkirim tidak sempurna banyak data siswa, guru, kepala sekolah yang tidak terkirim dengan sempurna. Ada NISN tidak muncul, jam mengajar jadi nol dll yang berakibat sang operator dihujani kemarahan dari mana-mana. 
Kejadian itu bisa pula menimpa Bapak/Ibu Pengawas Sekolah yang saat ini mereka semua bertugas sebagai operator entri data PKG. Setiap pengawas harus mengonlenkan ratusan berkas PKG. Internet di di kantor jika untuk kerja bersama-sama puluhan orang bisa-bisa menjadi lemot juga, dan tempatnya tidak memungkinkan. Walaupun baru saja Gedung Pengawas diresmikan tetapi belum tersedia fasilitas untuk itu. Akhirnya tugas harus dikerjakan di rumah dengan fasilitas internet yang beragam dengan suka duka masing-masing.
Sehari kemarin (22/03) sampai tadi malam site bolehlah dikatakan normal. Tetapi sejak tadi pagi tiba-tiba menghilang yang muncul Laman web tidak tersedia. Jika sering mengalami gangguan maka proses entri nilai PKG menjadi tidak bisa lancar, padahal kegiatan ini telah tersosialisasikan sebagai salah satu syarat pencairan tunjangan profesional guru. Bapak/Ibu Guru tahunya sudah dinilai PKG, berkas sudah diserahhkan pengawas masing-masing, tinggal menunggu pencairan dana, padahal kenyataannya proses entri datanya sangat susah. Akhirnya perlu dicamkan lagi bahwa  "semoga" kesabaran adalah salah satu kunci keberhasilan.

2 komentar:

  1. memang harus sabar....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke.. konon kesabaran adalah salah satu kunci keberhasilan.

      Hapus